Saturday, October 8, 2011

PEMBELAJARAN

Hidup ini adalah proses pembelajaran, oleh karena itu jangan pernah takut untuk berbuat salah. Ya menurut saya dari mana kita mengetahui hal ini dan hal itu adalah hal yang benar setelah kita mencoba hal yang salah. Yah itu sih manusiawi menurut saya dan Anda boleh juga tidak setuju dengan statement saya ini karena itu juga manusiawi, menghadapi pro dan kontra adalah bagian dari hidup.

Dulu saat saya masih kecil betapa inginnya saya memiliki semua sifat yang ada di sosok seorang ibu yang selalu menyayangi saya dan tegar dalam menghadapi hal apapun yang dialaminya. Sekarang semakin bertambahnya waktu begitu banyaknya hal yang dapat saya pelajari darinya. 

Sangat sedih saat 20 tahun saya hidup dan seorang ibu yang tegar dan penyayang itu harus menangis karena dia butuh seseorang untuk mendengarkan curhatnya selama ini yang ia peluk erat-erat. Bertambahnya umur bertambah pula sensitifitas perasaannya. Saatnya saya mencoba berganti posisi, dimana seseorang akan sangat berharga apabila dia merasa dibutuhkan. Disinilah peran saya seorang anak untuk memberikan pembelajaran kembali kepadanya yang mana saya belajar itu dari dirinya sendiri. Meyakininya untuk belajar CUEK akan omongan orang, memang sakit pada awalnya tapi toh kita berada diposisi saat ini bukan karena dirinya atau siapapun, melainkan dari ALLAH dan doa-doa mama slama ini serta orang-orang yang mencintai mama tulus ikhlas sampai detik ini.

Terkadang orang yang pintar, baik, tegar, kuat, dan apapun itu termasuk seorang ibu mereka juga manusia yang pasti pernah salah dan lupa akan sifat-sifat yang ia miliki sebelumnya. Sebagai orang yang tulus mencintainya, bantu ia belajar kembali untuk mengingat bahwa siapa sosok sebenarnya yang ada di dirinya. Bantu ia mempelajarinya lagi tentang apa yang kita pelajari di dirinya dan pengalaman hidup kita sendiri yang telah kita lewati sebelumnya.

Pembelajaran kali ini adalah saya mencoba untuk belajar mengikis egois diri, jangan smuanya harus ME dan ga peka terhadap lingkungan yang pasti adakalanya orang juga membutuhkan kita walaupun hanya sekedar "mendengar" tapi "mendamaikan" baginya. Thanks God, i'll always try to be a good person for my self, my mom, family and You!!

No comments:

Post a Comment